Klasifikasi Motor Bakar

Klasifikasi Motor Bakar


1. Motor dapat diklasifikasikan menjadi dua kelompok, yaitu:
    a. Motor pembakaran luar (External combustion engine)
        yaitu motor yang pembakarannya diluar mesin. contoh: mesin uap, turbin, dll.
    b. Motor pembakaran dalam (internal combustion engine)
        yaitu motor yang proses pembakarannya berada di dalam mesin itu sendiri. contoh: motor diesel, motor bensin, motor wankel dll.
2. Sedangkan motor pembakaran dalam dapat diklasifikasikan sebagai berikut;
    a. Berdasarkan aplikasinya
        Motor penggerak mobil, truk, lokomotif, pesawat ringan, kapal, penggerak serbaguna dan pembangkit listrik
    b. Berdasarkan dasar desain mesinnya:
        1). Gerak bolak-balik/reciprocal dengan susunan silinder In-line, V, rotary dan berlawanan
        2). Gerak putar seperti motor Wankel
    c. Berdasarkan jumlah silinder
        silinder tunggal dan multi silinder
    d. Berdasarkan siklus kerjanya:
        1). Motor 4 Tak
        2). Motor 2 Tak
    e. Berdasarkan katup (Valve) dan desain lubang katup:
        1). susunan katup model: H, I, L, F
        2). Jumlah katup: single valve( tiap silinder memiliki katup in dan ex masing-masing satu), multi valve (tiap silinder memiliki katup in dan ex lebih dari satu)
        3). Letak poros nok (Camshaft)
             a). poros di atas
             b). poros di bawah
        4). Mekanik katup: OHV(over head valve), OHC(over head camshaft), SOHC(single overhead camshaft), DOHC(double overhead camshaft)
     f. Berdasarkan bahan bakarnya:
         : Bensin, solar, LPG (liquid petroleum gas), Alchohol dan hydrogen
     g. Berdasarkan metode pencampuran bahan bakar:
         Karburator, Injeksi pada saluran masuk dan injeksi ke langsung ke dalam silinder
     h. Berdasarkan metode pengapian:
         Percikan busi (motor bensin) dan tekanan kompresi (motor diesel)
     i. Berdasarkan desain ruang bakar:
          Ruang bakar langsung dan ruang bakar tidak langsung
     j. Berdasarkan metode kontrolnya:
          1). Throrrling, yaitu mengatur jumlah campuran udara dan bahan bakar dengan throttle
          2). Hanya mengatur aliran bahan bakar
          3). Kombinasi
     k. Berdasarkan sistem pendinginnya:
         Pendingin air dan udara

Komentar

  1. Macam Macam BAHAN BAKAR PABRIK

    Perlawanan rakyat Indonesia terhadap kolonialisme dan imperialisme

    bintan news

    Klasifikasi Engine (Mesin)

    MODEL/STRATEGI PEMBELAJARAN KOGNITIF

    Okelah

    BalasHapus

Posting Komentar

bagi yang ingin mengajukan atau sharing judul atau materi, silakan isikan di koloom komentar. terimakasih banyak... salam otomotif

Postingan populer dari blog ini

Cara mengukur konsumsi bahan bakar